Beranda | Artikel
Karamah Wali Disebabkan Iman dan Takwa
Senin, 19 Desember 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas

Karamah Wali Disebabkan Iman dan Takwa adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas pada Sabtu, 4 Dzulqa’idah 1443 H / 04 Juni 2022 M.

Karamah Wali Disebabkan Iman dan Takwa

Pada kajian sebelumnya telah kita sebutkan bahwa syarat wali adalah iman dan bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mereka mengikuti Al-Qur’an dan Sunnah, ittiba’ kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, melaksanakan yang wajib-wajib dan yang sunnah-sunnah. Hal ini sesuai dengan hadits wali:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ : «إِنَّ اللهَ تَعَالَى قَالَ: مَنْ عَادَى لِي وَلِيّاً فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالحَرْبِ. وَمَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِيْ بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ. وَمَا يَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِي يَسْمَعُ بِهِ، وَبَصَرَهُ الَّذِي يُبْصِرُ بِهِ، وَيَدَهُ الَّتِي يَبْطِشُ بِهَا، وَرِجْلَهُ الَّتِي يَمْشِي بِهَا. وَلَئِنْ سَأَلَنِي لَأُعْطِيَنَّهُ، وَلَئِنْ اسْتَعَاذَنِي لَأُعِيْذَنَّهُ» رَوَاهُ البُخَارِيُّ.

Lihat: Hadits Arbain Ke 38 – Wali Allah Adalah Orang-Orang Yang Beriman dan Bertakwa

Tidak disyaratkan bagi seorang wali ‘ishmah (kemakshuman). Artinya seorang wali tidak makshum. Karena yang makshum para Nabi dan Rasul. Dan seorang Nabi lebih mulia dari seluruh wali yang ada. Kitsoua tidak boleh mengutamakan wali atas Nabi.

Disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah, bahwa karamahnya para wali Allah diperoleh dengan sebab barakah dia mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa ketika seseorang mendapatkan karamah, maka itu sebagai cobaan/ujian untuknya. Apakah dia istiqamah atau tidak? Bukan kemudian dia ujub dengan karamah itu.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah berkata bahwa sesungguhnya puncaknya karamah adalah dengan tetap istiqamah dalam iman dan ketaatan kepada Allah. Artinya kalau dia pernah mendapatkan demikian, maka dilihat sesudahnya. Apakah tetap dia taat kepada Allah atau tidak? Kalau dia ujub, maka itu membinasakan dia.

Bagaimana karamah para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download Mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52467-karamah-wali-disebabkan-iman-dan-takwa/